“Kalau udah ga ada, baru deh kerasa bedanya”: Being away from home isn’t easy, there’s always something that me as an Indonesian currently living abroad can’t help but wish and just keep on drooling.
Yups, I’m talking about food here, all kinds of food, from makanan berat to jajanan, from drinks to deserts, from street stalls to fast food outlets to fancy restaurants, I’m missing everything that Indonesia and its cities can offer.
There’s no stopping if we talk about local delicacies . The first thing that I guess is obvious for everyone: di mana lagi bisa kita temukan orang berjualan keliling dari pagi sampai malam, lewat depan rumah, tinggal dipanggil and enjoy good service? Hanya di tanah air Indonesia kita.
Gw bangga sebagai anak yang tinggal di Bintaro, banyak jajanan dan tempat makan berlimpah ruah, here’s some of my fav’s: **see at the bottom
Anyway it’s quite a list, but wait for those abang2 that’s passing in front of my house, once away, I just realize how much they’re meaningful in life! So here is the actual higlight:

  1. Tukang roti keliling – dari pagi jam anak sekolah dan sore pas anak2 uda pulang, you hear them ring with speakers, dari merek roti Sari Roti to Buana to the ones I used to buy but forgot their names.. Beli roti tawar dan roti cokelat isi pisang..ooh enaknyaah!
  2. Tukang nasi goreng – kalau malam tiba dan tiba2 kelaparan, atau mendadak temen2 dan saudara2 main ke rumah tapi makanan yang ada tidak cukup atau kurang decent, maka tinggal tungguin abang2 nasi goreng tok-tok dan semua happy, ya ga? “Bang, pake cabe yang banyak ya, ga pake mecin. Oh ya, kerupuknya yang banyak yak, trus telornya didadar aja, pake acar juga bang” eaa dan dengan sabar si abang yang baik hati bikinin semua pesanan.
  3. Tukang sate ayam –  ini dia nih saingannya si abang2 nasi goreng di shift malam, bosen makan nasi, kita makan sate ayam pake lontong, 10 tusuk? 20 tusuk? 30 tusuk? sampe ada temen gw yang kalo lagi liburan di indo pesennya 50 tusuk buat sendirian haha.. maklum dagingnya diirit😛
  4. Tukang Asinan Betawi – ini yang paling gw tunggu kalau sedang jadi tukang jaga rumah selama pengangguran, sarapan udah, tapi masih laper dan belum juga waktunya makan siang. Hmm asinan is the way!! The whole dish is a masterpiece: the burst of colours (putihnya tahu dan kol, orangenya wortel, cokelatnya bumbu kacang dan kacang, kuningnya kerupuk bundar, merahnya cabe, hijaunya timun) and the rich flavor of its freshness ~ ga ada duanya di hari yang panass!
  5. Tukang Kembang Tahu – ini jajanan paling sedap dan penghilang dahaga dan pengganjal perut sebelum makan malam, terutama paling berasa banget kalo abis pulang kerja atau kampus.. Terus si abang uda nungguin di diepan rumah, bahkan pas weekend pun ini jajanan yang paling bikin bangun kalo abis tidur siang. Kelembutan si tahu putih, manisnya gula jawa dan pedasnya jahe bikin seger dan bahagia dunia gw setiap kali menyantapnya!
  6. Tukang Bakso dan Somay – yang ini bukan kegemaran fanatik gw, tapi sekali-sekali menghibur perut kalau lagi mupeng, atau sekedar mencicipi punya adek gw (tapi sampai setengah mangkok)
  7. Semua tukang yang lewat – intinya adalah, mereka sebagai penanda waktu hari gw, dan suara2 yang mereka bunyikan dan timbulkan bikin suasana komplek dan rumah itu meriah. And believe me, once I’m away like this, especially in the first months I just came, gosh I was going nuts just because I wanted to hear them and call them and eat as much as I’d like
So for those yang masih berada di Indonesia, yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, yang rumahnya di komplek dan ada waktu untuk menyantap sesuatu yang priceless, bersyukurlah kepada tukang2 penjaja makanan yang melewati rumahmu and treat yourself some merry meals.. Enjoy!🙂

**Tempat2 fav gw di Bintaro:

Belakang McD sektor 9 (Pringga, Ayam Goreng Pak John, Bubur Ayam Surabaya, Pattaya, roti bakar yang dipojokan), ayam rica-rica depan Anna Salon, Soto Ayam Lamongan Pak Jangkung di Pd Ranji, Pizza Kanada di Jl Tegal Rotan, Iga Bakar di sek 7, Warung Betawi dan RM Padang Sederhana di Sek 3, Blenger Burger dan tukang Martabak di sek 2, Bakmi Jawa di sek 5, warung makan di dalem BTC (Bintaro Trade Center), warteg langganan bokap di jembatan pasar Jombang, McD sekbil, food stalls di samping Bintaro Plaza (Tahu Campur Surabaya, Sari Bintaro, Seafood Makasar), warung nasi uduk dan teh jahe di JPG..